Senin, 27 April 2020

Contoh Kegiatan Komunikasi Bisnis Berdasarkan Level Komunikasi


BAB I
Pendahuluan
Komunikasi pada dasarnya merupakan proses pertukaran informasi antar diri sendiri maupun ataupun orang lain dengan menggunakan simbol, sinyal, perilaku serta tindakan. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang menimbulkan efek tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh komunikator. Dalam proses berkomunikasi terdapat level komunikasi diantaranya adalah:
a. Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.
Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya. (Muhammad, 2005,p.158-159).
Menurut Devito (1989), komunikasi interpersonal adalah penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera (Effendy,2003, p. 30).

b. Komunikasi Interpersonal
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung. Bentuk khusus komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang hanya melibatkan dua individu, misalnya suami-istri, dua sejawat, guru-murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak yang dekat; pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secara langsung dan simultan.

c. Komunikasi Kelompok dan Organisasi
Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication). Kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, saling mengenal satu sama lain, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam komunikasi kelompok.
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi juga melibatkan komunikasi diadik, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi publik tergantung kebutuhan.

d. Komunikasi Massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen. Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas. (anonym:2015)

Sedangkan Bisnis adalah suatu kegiatan yang menghasilkan keuntungan. Dalam bisnis tidaklah luput dari proses komunikasi yang baik berdasarkan level komunikasinya.
Dalam bukunya,Djoko Purwanto, M.B.A (2006) menyatakan komunikasi bisnis sebagai komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan tertentu.



BAB II
Contoh Kegiatan Komunikasi Bisnis Berdasarkan Level Komunikasi

2.1 Contoh Kegiatan Komunikasi Bisnis Level Intrapersona:
a.       Saat seseorang melihat iklan Sprite di televisi pada siang hari yang panas, maka orang tersebut bergegas untuk membeli sprite yang terlihat sangat menyegarkan.
b.      Saat SPG Parfume SOGO menawarkan parfume terbaru dari Choco Channel kepada wanita sosialita sehingga wanita tersebut membeli parfume terbaru Choco Channel.
c.       Saat penulis melihat promosi voucher kecantikan IPL dari Musee Platinum Tokyo yang diskon hingga 70% di aplikasi FAVE, maka saat itu juga saya membeli voucher diskon tersebut tanpa pikir panjang.
2.2 Contoh Kegiatan Komunikasi Bisnis Level Interpersonal
a.       Seorang Marketing English First di Lobby Mall FX menghampiri saya dan kemudian berbincang mengenai program English First sehingga saya merasa tertarik untuk bergabung bersama English First merupakan salah satu contoh dari komunikasi bisnis Interpersonal.
b.      Saat penulis berbincang berdua bersama kepala divisi marketing perusahaan mengenai Program Promosi yang akan dilakukan selama 1 bulan kedepan di bulan Mei 2017.
c.       Saat penilis membeli tahu bulat di Pacuan Kuda kemudian pedagang tersebut menawarkan penulis untuk membeli tahu bulatnya sebesar Rp. 10.000,- yang pada awalnya saya hanya membeli Rp. 5.000,-
2.3 Contoh Kegiatan Komunikasi Bisnis Level Kelompok dan Organisasi
a.       Saat penulis Meeting bersama divisi marketing brand Fashion RA Jeans dan A2T mengenai program promosi bulanan dimana penulis adalah marketing dari divisi brand Fashion JD dan ketiga Brand tersebut merupakan Brand yang dikeluarkan oleh PT. Buana Lautan Mas Garmindo, merupakan salah satu contoh Kegiatan Komunikasi Bisnis Level Kelompok.
b.      Saat penulis dan para tim marketing PT. Buana Lautan Mas Garmindo bertemu bersama marketing LAZADA dan membicarakan mengenai program E-Commerce LAZADA yang ditawarkan untuk Brand yang dikeluarkan oleh PT. Buana Lautan Mas Garmindo merupakan salah satu contoh kegiatan komunikasi bisnis pada level Organisasi.
c.       Saat penulis dan tim marketing PT. Buana Lautan Mas Garmindo melakukan meeting dengan tim marketing PT. Ramayana Lestari mengenai program Meet and Greet di Ramayana demi meningkatkan sales di Ramayana merupakan contoh dari kegiatan komunikasi bisnis level organisasi
2.4 Contoh Kegiatan Komunikasi Bisnis Level Komunikasi Massa
a.       PT. Buana Lautan Mas Garmindo mengadakan Launching Produk Fashion JD by Jessica Iskandar di Ramayana dengan tidak lupa mengundang para wartawan untuk meliput kegiatan tersebut.
b.      Ramayana membuat Iklan di televisi dengan jargon “keren adalah hak segala bangsa” sehingga menarik para penonton khususnya kalangan menengah kebawah untuk membeli produk fashion di Ramayana.
c.       LAZADA membuat banner Diskon 20% di halaman utama aplikasi LAZADA sehingga menarik Customer untuk berbelanja di LAZADA.


























DAFTAR PUSTAKA
Anonim. http://www.definisi-pengertian.com/2015/06/jenis-jenis-komunikasi.html. 2015. Diakses pada 25 April 2017 pukul 13:50
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunikasi Antarbudaya

Komunikasi Antarbudaya Komunikasi merupakan proses dinamis di mana orang berusaha untuk berbagi masalah internal mereka dengan orang lain ...