Kamis, 16 April 2020

2hari 1 malam Pulau Pari cuma 150rb'an!!

Pelabuhan Muara Angke, 2017

Pagi itu setelah shalat subuh mata kami masih berat banget, tapi kami harus segera berangkat ke pelabuhan Muara Angke demi antri tiket kapal. Kami berenam berangkat dari bekasi menggunakan mobil pribadi ke Muara Angke, di Muara Angke sendiri banyak lahan yang menyediakan parker inap.
Kami sampai di pelabuhan Muara Angke sekitar pukul 06:00, dannnnn antrian tiketnya sudah panjang bangetttt. Kami antri untuk membeli tiket kapal Muara Angke – Pulau Pari dengan keberangkatan pukul 10.00 WIB seharga Rp. 40.000,- dan asuransi Rp. 2.000,- per orang. Karena kami disana tendaan jadi dikenakan tariff sekitar Rp. 5.000,- pertenda yaa (kami 2 tenda).
Walaupun antriannya panjang tapi sebetulnya ga terlalu lama kok guys jadi kamu ga perlu beli tiket di Calo. Pukul 10:00 WIB kapal pun berangkat, perjalanan dari Muara Angke – Pulau Pari sekitar 1 – 1,5jam. Pukul 11:30WIB
Kami sampai di pulau pari, sesampainya disana kami mencari penduduk sekitar yang menyewakan kapal tradisional untuk island hoping dan snorkeling. Jangan khawatir, disana banyak kok penduduk yang menyediakan jasa tersebut. Kami akhirnya menyewa kapal tradisional untuk island hoping dan snorkeling seharga Rp. 400.000,- (tergantung keahlian nego kalian yah guys). Kapal tradisional ini bisa menampung penumpang hingga 12 orang, karena kami cuma berenam jadi perorang sekitar Rp. 67.000,-. Sambil menununggu abangnya prepare kita memanfaatkan waktu dengan shalat dzuhur dan makan siang terlebih dahulu. Di pulau pari sendiri banyak warung makan dan jajan juga loh.
Snorkeling, Pulau Pari 2017
Waktu sudah menunjukan pukul 13:00 WIB, kegiatan yang kami lakukan terlebih dahulu adalah snorkeling mumpung ombaknya belum terlalu besar. Buat kamu yang ga bisa renang tenang aja, abangnya juga ikut nyemplung kok buat jagain kalian.
Oh iya tips untuk kalian yang mau punya foto bagus saat snorkeling jangan lupa bawa biscuit atau roti untuk kasih makan si Ikan ya biar ikannya pada nyamperin, tapi jangan lupa sampahnya di simpen dulu ya jangan dibuang ke laut. Setelah puas snorkeling, kami island hopping ke Pulau Perak. Di Pulau ini kami mampir untuk berfoto-foto atau sekedar bersantai menikmati kopi dan gorengan karena habis snorkeling perut jadi laper lagi hihihihi. Pukul 17:00 kami balik ke Pulau pari dan prepare mendirikan camp di pantai pasir perawan.
Sambil nunggu camp jadi, sebagian dari kami bilas di kamar mandi umum. Malampun tiba, kami menikmati suasana malam di pantai pasir perawan dengan iringan deru ombak bersama Indomie (bukan iklan). Karena kami sangat lelah, kami pun tidur lebih awal. Keesokan harinya kami menikmati indahnya pantai pasir perawan, tidak lupa kami foto-foto dan berenang disana.
Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari 2017
Oh iya Keindahan pantai pasir perawan jangan sampai membuat kalian lupa waktu yah guys, karena kapal kepulangan berangkat pukul 10:00 WIB, jadi kalian harus prepare untuk pulang dan antri yaaa. Kami pun melakukan perjalanan pulang kembali ke Muara Angke, sesampainya di Muara Angke kami bayar parkir inap mobil sekitar Rp. 50.000,-.

Sekedar saran, lebih baik kalian ke Muara Angke menggunakan transportasi umum atau gr*b car maupun g* car. Alasannya adalah karena di Muara Angke gabung dengan pasar ikan, mobil kalian juga akan ikutan wangi ikan hahahaha, untuk keamanan so far sih aman yah.

Nah itu dia sedikit cerita tentang 2hari 1 malam di Pulau Pari, berikut rincian pengeluaran inti kami yah;
• Ticket PP : Rp. 80.000,-
• Retribusi : Rp. 2.000,-
• Asuransi PP : Rp. 4.000,-
• Island Hopping & Snorkeling Rp. 400.000,-/6orang : Rp. 67.000,-

Jadi total perorangnya kurang lebih sekitar Rp. 153.000,- aja !!! untuk makan/jajan dan parkir mobil ga di hitung yah karena itu optional. Untuk makan kalian bisa bawa bekal dari rumah dan untuk parkir mobil juga kalian bisa menggunakan transportasi umum dari masing-masing orang. Kalau kalian lebih ramai lagi mungkin saja jadi lebih murah !! Gimana tertarik untuk backpacker ke Pulau Pari? Sangat hemat dan mudah bukan tanpa agen perjalanan.